Tips penggunaan hand tools alat kerja yang benar

Rabu, 15 Mei 2024
Tips penggunaan hand tools alat kerja yang benar

Alat kerja tangan atau disebut juga hand tools adalah salah satu jenis alat yang rentan rusak atau  hilang apabila  tidak benar dalam merawat dan memperhatikannya. Untuk itu dalam perawatan serta pemeliharaan hand tools harus diperhatikan agar dapat alat tersebut tetap awet dan baik keadaanya dalam jangka waktu yang lama.

1.      Simpanlah hand tools pada tempatnya
Jangan meninggalkan hand tools pada sembarang tempat apabila sudah digunakan,  simpanlah pada  tempatnya semula dalam keadaan tertata dan bersih. Apabila anda mempunyai tempat yang khusus untuk menyimpan perkakas tersebut, letakanlah perkakas tersebut kembali pada tempatnya.

2.      Pergunakan hand tools sesuai dengan kebutuhan
Dalam penggunaan tools pergunakanlah sesuai dengan fungsinya. Penggunaan yang tidak sesuai fungsi perkakas tersebut akan  memicu kerusakan serta kecelakaan, pastikan kunci yang pas dan  sesuai dengan kebutuhan yang akan dikerjakan.

3.      Tidak  membiarkan hand tools diatas mesin
Tidak  dibenarkan hand tools diletakan di atas mesin, menaruh hand tools di atas mesin bisa memungkinkan akan terjadinya kecelakaan seperti kehancuran pada mesin, kerusakan perkakas,dan juga kerusakan mesin yang dapat mengakibatkan  kecelakaan pada pengguna tools tersebut.

4.      Jagalah kebersihan setiap perkakas
supaya perkakas awet, yang harus dilakukan yaitu kebersihannya tools tersebut setelah pemakaian,dengan cara  mengelapnya menggunakan pembersih.

5.      Gantilah tools yang sudah rusak
Janganlah membiarkan tools yang sudah rusak disimpan dikarenakan jika kita memakai tools yang tidak layak lagi untuk dipakai , maka hal tersebut  dapat mengakibatkan kerusakan pada objek yang ingin dikerjakan, dan selain itu juga dapat membuat terluka pengguna tools tersebut.

 

 

Tidak menemukan barang? kirim permintaan sekarang!

Ketik permintaan anda atau Tarik file kedalam field

Produk terkait