Cara Bedakan Ban Bias dan Ban Radial

Kamis, 02 Mei 2024
Cara Bedakan Ban Bias dan Ban Radial

Hal paling mendasar dari ban adalah material dasar pembuatannya yang nanti akan menentukan jenis & fungsi dari ban itu sendiri. Membahas tentang jenis ban sebetulnya banyak, ada Bias, Radial, Tubeless, dan masih banyak lagi tergantung pada kebutuhan pemakainya. Pada artikel kali ini, kami ingin memberikan informasi tentang perbedaan jenis ban radial dan bias yang biasa digunakan untuk kendaraan niaga / komersil.

Untuk anda yang sedang mendalami dunia ban untuk Truk dan Bus ada beberapa hal yg perlu anda ketahui, salah satunya bedakan ban bias dan ban radial. simak infonya hanya di trumecs!

Material Dasar Ban

Sama-sama terbuat dari karet, hanya saja untuk Ban Radial dibuat menggunakan lapisan serat baja yang disusun 90 derajat terhadap keliling lingkaran ban.

Ban Bias terbuat dari lapisan Benang Nylon yang disusun secara zig-zag. Banyaknya lapisan yg membentuk ban ini dikenal dengan istilah Ply Rate (PR).

Tampak Luar Ban

Secara kasat mata ban bisa dibedakan dengan cara melihat tulisan pada dinding ban. Misal ban dengan ukuran 10.00, jenis Bias akan tertulis 10.00-20 (terdapat "-" sebagai pemisah ) sedang Radial akan tertulis 10.00R20 (terdapat huruf "R" sebagai pemisah). Sedangkan tubeless ditulis dengan satuan sedikit berbeda dari ukuran lazim nya seperti : 11R22.5 (tubeless).

Kemampuan Ban
Ban Bias memiliki kemampuan menahan beban yang lebih kuat dibandingkan dengan ban radial karena ban bias memiliki tapak dan dinding yg lebih tebal, sehingga memiliki kemampuan menahan beban lebih baik daripada ban radial.

Ban Radial memiliki umur yang lebih panjang dan kemampuan meredam getaran lebih baik daripada ban bias karena terbuat dari serat baja yang di desain dengan kombinasi dinding samping terbuat dari nylon, tipis, dan lentur menyebabkan daya cengkraman ke permukaan aspal lebih baik. Beban nya yg ringan membuat kendaraan lebih hemat BBM.

Kelemahan Ban

Ban Bias terbuat dari nylon dan polyster saja sehingga mudah panas dan tidak memiliki daya cengkram yg baik pada permukaan aspal akibatnya menimbulkan efek kurang nyaman dalam berkendara. Efek mudah panas mengharuskan pengemudi mengistirahatkan kendaraan pada jarak tertentu untuk menghindari pecah ban.

Ban Radial tidak memiliki sidewall sekuat ban bias sehingga jika di harus membawa beban sama dengan ban bias maka tidak disarankan. Efek cengkraman kuat pada aspal membuat ban radial menimbulkan noise yg lebih tinggi.

 Berikut rekomendasi Merk Ban Bias berkualitas :

Berikut rekomendasi Merk Ban Radial berkualitas :

Tidak menemukan barang? kirim permintaan sekarang!

Ketik permintaan anda atau Tarik file kedalam field

Produk terkait